-->
logo blog

Kamis, 25 Januari 2018

Membuat Toko Online Banjir Order

Membuat Toko Online Banjir Order

Tutspreneur -- Bagi pebisnis online tepatnya online shop / toko online, adakalanya kita mengalami sepi pembeli, disinilah kita di uji bagaimana menggunakan otak kita dan semua kemampuan yang ada bagaimana roda perputaran keuangan ini bisa berjalan dengan normal atau kalau bisa melesat melebihi target yang kita telah buat.
Membuat Toko Online Banjir Orde
Membuat Toko Online Banjir Order

Karena dengan adanya pesanan atau order yang masuk setiap hari, akan memberikan semagat kita semakin bertambah dalam mengelola toko online, walaupun terkadang banyak yang hanya sekedar bertanya saja tanpa melakukan order, ya sebagai penjualan yang sangat memperhatikan konsumennya kita harus tetap melayaninya dengan baik.

Semakin lama kita dalam menjalankan sebuah pekerjaan, semakin banyak ilmu yang bisa kita terapkan untuk mengatasi semua permasalahan yang datang menghadang, hal-hal apa saja yang biasa menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis online tepatnya toko online, mari kita bahas satu persatu berdasarkan pengalaman yang didapat.

A. Kepercayaan Pembeli

Dalam masalah kepercayaan ini, banyak hal yang mesti kita perbaiki, kita harus lebih banyak mendengar semua masukan pembeli, diantaranya yang bisa perbaiki adalah :

  • Membuat tampilan webiste kita menjadi lebih profesional 
  • Jangan menggunakan website yang gratisan
  • Mencantumkan kontak yang aktif dan sesuai
  • Pasanglah testimoni yang baik dari konsumen 
B. Kecepatan Akses Website

Kecepatan sebuah website sangat mempengaruhi pengunjung, disinilah yang membuat pengunjung kita betah untuk tetap berada di website atau toko online yang kita miliki, dengan adanya kecepatan loading website membuat konsumen menjadi lebih cepat mengakses semua kebutuhan yang sedang dicari di toko online kita, bila kecepatan ini sangat lambat, bisa menjadi sebuah malapetaka yang besar yang harus segera diperbaiki. Cara mengatasinya bisa gunakan tips di bawah ini :
  • Jangan gunakan script yang terlalu berat 
  • Kurangi penggunaan plugin website yang tidak terlalu penting
  • Kecilkan ukuran file gambar namun tetap menjaga kualitas dari gambar tersebut
  • Gunakan atau pilih server yang cepat, misalkan gunakan server yang ada di indonesia
C. Metode Pembayaran

Memang tidak dapat dipungkiri bila toko online kita memiliki banyak metode pembayaran maka konsumen akan lebih suka dan percaya, coba kita bayangkan apabila hanya satu atau dua saja pastinya akan membuat konsumen kita kesusahan, belum lagi apabila di website pesaing kita menyediakan pembayaran yang konsumen kita inginkan. Bisa dipastikan konsumen tersebuat akan segera berpaling.

Untuk itu cara mengatasinya dengan tanyakan semua masukan pembeli mengenai metode pembayaran, pilihlah yang lebih mudah untuk konsumen melakukan pembayaran, buatlah rekening dengan banyak bank yang biasa digunakan dalam transaksi online, terutama bank yang besar. bikinlah akun virtual untuk membuat pembayaran secara virtual seperti paypal dan yang lainnya.

C. Media Promosi

Media promosi sangat penting dalam bisnis online, jadi dirasa tidak mungkin apabila ada pengusaha yang sukses dalam bisnisnya tanpa memiliki media promosi yang sangat baik dan tepat sasaran. Pentingnya mendapatkan pengunjung yang banyak dari media yang kita promosikan. Dalam hal ini media online yang bisa kita gunakan seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain.

Masalah yang bisa kita atasi dalam hal media promosi online adalah melakukan etika yang baik dalam melakukan promosi, contohnya adalah jangan membuat profil facebook yang sekedarnya tanpa memberikan citra profesional mengenai toko online yang anda kelola, lakukan promosi hanya melalui fanpage facebook, jangna melakukan tag secara acak atau tidak tertarget, yang hanya membuat toko online terlihat tidak profesional, lakukan semuanya sesuai dengan target yang sudah kamu tuju, harus di ingat bahwa dalam promosi tidak selalu mendapatkan keuntungan dalam sisi finansial namun ada sisi lain yang bisa kita dapatkan untuk kemajuan bisnis yang sedang kita jalani.


D. Voucher dan Diskon

Banyak ragam pembeli yang beredar di dunia maya, salah satunya adalah yang membeli berdasarkan voucher atau diskon, memang tidak bisa dipungkiri pembeli pasti akan berubah memilih produk yang ada diskonnya dari pada tidak ada sama sekali, Saat ini pembeli di dunia maya sudah sangat cerdas untuk membedakan mana produk yang sejenis dengan harga yang berbeda, jadi kita harus pintar mencari peluang dari tipe pembeli ini.

Paling utama adalah kepuasan pelangan harus kita nomor satukan dan dengan memberikan voucher atau diskon bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk membuat hubungan yang sangat erat dengan para pembeli, membuat menjadi lebih setia kepada toko online kita, namun tetap memberikan produk atau barang yang sesuai dengan deskripsinya.

E. Keyword

Pemilihan keyword sangat penting, tidak jarang toko online yang sepi pengunjung dikarenakan kesalahan dalam pemilihan ketyword yang pas. Jadi pilihlah keyword yang panjang yang masih belum banyak persaingannya, sesuaikan dengan tingkat bisnis anda, karena hanya anda yang tahu sedang berada di tingkat mana posisi bisnis anda berada, jadi jangan pernah bersaing dengan toko online yang sudah besar.

Jangan memilih yang short keyword, karena disini persaingannya sudah sangat padat, pilihlah keyword longtail karena dengan jenis keyword ini anda bisa lebih variatif dalam membuat keyword yang pas dan sesuai dengan produk yang sedang anda pasarkan, dan dengan keyword ini kemungkinan bisa mendapatkan ranking 1 di google jadi lebih realistis.

Bisnis itu harus seberapa kuat bertahan dan banyaknya ide kreatif yang bisa anda buat dan aplikasikan, jangan tunggu yang lain sukses tapi buatlah diri anda sukses dahulu sebelum dapat membantu orang menjadi sukses. Mulailah berbisnis online karena saat ini pengguna internet semakin terus bertambah jadi semakin besar peluang yang bisa kita dapatkan. semoga artikel Membuat Toko Online Banjir Order bisa membantu anda dalam mengembangkan bisnis online.


EmoticonEmoticon