logo blog

Selasa, 04 Oktober 2016

Cara Install Plugin di WordPress

Penampilan dari sebuah blog, baik itu dari segi performanya, sampai estetikanya, dibelakangnya ada sebuah plugins yang mendukungnya. Sebelum membahas cara install plugin di wordpress. Plugin di wordpress bisa dibilang terbanyak dan banyak macamnya, belum lagi statusnya banyak yang free to use, membuat makin mudah untuk mengelola sebuah blog berflatform wordpress.
Cara Install Plugin di WordPress
Cara Install Plugin di WordPress
Dikarenakan jumlahnya yang banyak, sebaiknya sebelum menginstall sebuah plugin wordpress, anda terlebih dahulu fungsi dan kegunaan dari plugin tersebut, apakah cocok dan berguna bagi website atau blog anda, karena tidak semua plugin yang gratis itu cocok atau compatible untuk di install pada sebuah blog, Anda bisa memulainya dengan menginstall plugin pada kategori popular atau yang banyak di install oleh pengguna wordpress.

Install Plugin Wordpress

Tahapan install plugin di wordpress terbilang mudah untuk di pahami dan di lakukan, sebenarnya yang lebih utamanya adalah anda menentukan dan memilih plugin mana yang cocok dan sesuai untuk anda terapkan pada blog. cara installnya kurang lebih seperti di bawah ini.

  • Masuk / login pada blog atau website yang anda kelola.
  • Kemudian lihat pada kolom menu sebelah kiri, Pilih Plugin dan klik add new.
  • Anda akan melihat pilihan menu dari Search, Popular, Newest, Featured sampai Upload.
  • Bila anda ingin mencari sesuai dengan yang anda inginkan, bisa ketikkan nama pluginnya pada kolom search untuk memudahkan pencarian.
  • Bila sudah muncul plugin yang anda cari, bisa langsung di install, namun luangkan sedikit waktu untuk membaca deskripsi dari plugin tersebut.
  • Klik install dan selesai, langkah selanjutnya adalah pilihan mengaktifkan plugin tersebut dan lakukan penyetingan sesuai dengan ketentuan dari developer pembuat plugin atau sesuaikan dengan selera dan kapasitas dari blog atau website anda.

Sederhana dan mudah, sama seperti wordpress itu sendiri, mudah dan menyenangkan bagi penggunanya, apalagi bagi para pemula, yang belum begitu paham akan kode-kode dalam pembuatan sebuah blog. Sangat cocok bagi anda yang hanya mau menulis saja tanpa mau pusing dengan urusan kode html dan phpnya.

Tips dalam cara install plugin di wordpress adalah jangan takut dalam menentukan sebuah plugin untuk di install, karena pada akhirnya plugin tersebut bisa anda uninstall / delete, namun harus anda perhatikan dengan jumlah plugins yang di install pada wordpress akan berpengaruh pada performa dari wordpress, semakin banyak maka akan menjadi beban, akan membuat lambat atau berat untuk di akses oleh pengunjung blog. 


EmoticonEmoticon